Pertama di Indonesia Nih, Dukun di Banyuwangi Dikabarkan Akan Gelar Festival Santet. Kayak Apa, Ya!?

Dunia4d

Pertama di Indonesia Nih, Dukun di Banyuwangi Dikabarkan Akan Gelar Festival Santet. Kayak Apa, Ya!?

Pertama di Indonesia Nih, Dukun di Banyuwangi Dikabarkan Akan Gelar Festival Santet. Kayak Apa, Ya!?

Pertama di Indonesia Nih, Dukun di Banyuwangi Dikabarkan Akan Gelar Festival Santet. Kayak Apa, Ya!?

SLOTGAMEONLINE TERPERCAYA – Nggak dimungkiri lagi bahwa Indonesia dihuni oleh bermacam-macam orang dengan keunikannya masing-masing, serta budaya yang mungkin nggak akan kita temui di belahan bumi manapun selain di tanah tercinta ini. Salah satunya yang mungkin dianggap tabu oleh sebagian orang, namun sekaligus juga unik adalah budaya ilmu hitam. Kalau ngomongin ilmu hitam, dijamin deh kemampuan bangsa manapun nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan masyarakat kita.

Nah, ngomongin tentang budaya tersebut, di Banyuwangi rupanya ada hal yang begitu menarik perhatian. Kota di ujung Jawa yang memang terkenal dengan dukunnya tersebut dikabarkan bakal mengadakan festival santet yang nantinya akan diselenggarakan oleh Perdunu alias Persatuan Dukun Nusatara. Lewat pemberitaan Detik, persatuan tersebut memang baru-baru ini didirikan dan diresmikan di Banyuwangi.

Nggak pernah kepikiran kan, kalau santet pun bakal dibikin festival sama orang Indonesia?

Kota Banyuwangi

Banyak orang yang mungkin juga sama terkejutnya ketika mendengar dan melihat kabar ini untuk yang pertama kalinya. Lagian siapa sih, yang bakal kepikiran kalau akan diadakan sebuah festival unik yang belum pernah diselenggarakan di kota manapun. Tapi memang dasarnya orang Indonesia sih ya, selain unik seringkali masih banyak orang yang melestarikan budaya turun-temurun dari nenek moyang terdahulu. Meski dalam prakteknya nggak dimungkiri sih kalau terdapat pro dan kontra. Ibarat dunia pasti ada lah, yang hitam dan juga putih~

Tapi tenang, isinya bukan kirim-kiriman benda nggak terlihat nan berbahaya kok. Tapi malah diadakan pengobatan dan pembelajaran ilmu spiritual

Persatuan dukun nusantara

Meski sempat membuat tercengang siapapun yang mendengar kabarnya, namun festival tersebut nggak seperti yang kita duga kok. Acara ini bukan terus berisi saling kirim benda nggak terlihat dan juga berbahaya yang bertujuan untuk melukai orang lain secara jarak jauh kayak arti santet yang ada di benak kita. Namun, di festival ini malah bakal diadakan doa bersama agar masyarakat setempat terhindar dari seluruh marabahaya. Nggak cuma itu, para penyelenggara acara juga bakal mengadakan pelayanan pengobatan gratis untuk berbagai macam penyakit. Bahkan, nantinya para pengunjung festival tersebut juga akan mendapat pembelajaran tentang hal-hal yang berkaitan dengan ilmu spiritual.

Tujuannya sih mulia banget, biar masyarakat nggak terjerumus dengan aksi dukun abal-abal yang akhirnya berujung penipuan

Ilustrasi praktek dukun

Diadakannya festival unik yang satu ini bukan tanpa tujuan, melainkan untuk mengedukasi masyarakat luas supaya nggak terjerumus dengan dukun abal-abal dan merujuk pada tindakan penipuan. Kita semua sama-sama tahu lah jika masyarakat Indonesia sampai saat ini masih ada yang percaya dengan orang-orang yang bisa menggandakan uang lah, bisa ngeluarin emas dari tangannya lah, dan segala macam omongan nggak berdasar lainnya yang sering diagung-agungkan oleh dukun abal-abal.

Perlu diketahui nih, bahwa Persatuan Dukun Nusantara ini meresmikan perkumpulan mereka di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, pada hari Rabu 3 Februari lalu. Rencananya festival ini bakal digelar pada Bulan Suro atau Muharam. Selain mendapatkan ilmu tentang spiritual, pengunjung nantinya bakal diajak ke destinasi mistis di Banyuwangi. Beberapa di antaranya adalah Alas Purwo, Rowo Bayu dan Antaboga di Kecamatan Glenmore. Nah, bagi kamu yang tertarik buat mengikuti festival paling unik yang satu ini, kayaknya sih bakal sayang banget kalau dilewatkan. Siapa tahu nanti di sana bisa belajar ilmu kebatinan atau kanuragan kan lumayan juga~